4 Tips Menjadi Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Konsep Otomatis

Membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah menjdi impian setiap umat muslim di dunia ini. Sehingga setelah proses pernikahan setiap pasangan harus mendapat ilmu baru tentang Tips Keluarga Sakinah. Dengan pengetahuan ini setiap pasangan yang membangun mahligai rumah tangga  bisa memimpin satu sama lain sehingga keluarga sakinah bisa terwujud.

Kurangnya ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara membangun keluarga sakinah setelah nikah membuat beberapa pasangan berujung dengan masalah perceraian. Ketidakharmonisan dalam suatu keluarga memang menjadi penyebab perceraian. Dengan demikian dalam memilih pasangan hidup sebagaijodoh anda, pilihlah secara hati ? hati jangan asal ? asalan. Perhatikan dari segala sisi kehidupannya tidak hanya tampan materipun harus  diperhatikan namun jangan terlalu berlebihan. Didalam Islam diajarkan tentang bagaimana dalam memilih pasangan hidup yang baik sesuai dengan syariat Islam sehingga bisa mengarungi bahtera rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah.

Menikah tujuan utamanya adalah melakukan sunah rasul untuk mendapatkan keturunan yang bisa menjadi generasi baru di kehidupan selanjutnya.Dengan kondisi keluarga yang sakinah akan membuat anak keturunan kita memiliki akhlak baik dan bisa membawa nama baik keluarga. Seorang anak bisa menilai bagaimana kondisi keluarganya apakah sakinah apakah belum. Semua itu bisa dinilai dari kedua orang tuanya, sehingga peran orang tua dalam membangun keluarga yang sakinah sangatlah penting.

Tidak hanya lelaki yang mengetahui tentang Tips Keluarga Sakinahwanita juga memiliki peran penting dalam mewujudkan keluarga sakinah. Untuk membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah Islam memberikan beberapa tips bisa dilakukan untuk mewujudkan keluarga sakinah. Berikut ini 4 Tips Keluarga Sakinah yang harus dilakukan setiap pasangan muslim :

  1. Taat Beribadah Kepada Allah.

Menjadi salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai kunci utama dalam membangun keluarga sakinah adalah dengan mematuhi perintah Allah dan menjauhi larangannya. Beribadah kepada Allah yang paling utama harus dilakukan adalah sholat lima waktu. Sesuai dengan perintah Allah jika seorang istri harus dengan suami. Karena suami menjadi seorang imam atau pemimpin didalam keluarga kecil tersebut. Seorang istri yang menghormati suami pasti akan diridhoi oleh Allah SWT. Begitu juga seorang suami harus menjadi pemimpin yang baik untuk keluarga untuk anak dan istrinya. Untuk menjadi pemimpin yang baik suami harus menaati perintah Allah sehingga bisa memberikan contoh baik sebagai pemimpin didalam keluarga.

  1. Saling Melengkapi.

Pasangan suami istri yang saling melengkapi satu sama lain akan memperkokoh bahtera rumah tangga dan menjadi suatu keluarga sakinah. Seorang istri harus membahagiakan suami setelah membahagiakan Allah SWT. Karena seorang istri yang bisa membahagiakan suami akan mendapat balasan surga. Suami juga wajib membahagiakan istri dengan menafkahi secara cukup sehingga mampu membuat istri tersenyum. Selain itu harus saling melengkapi tidak boleh menerapkan sikap egois untuk menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

  1. Jangan Mudah Emosi.

Untuk menjadi seorang pemimpin yang mulia di dalam keluarga jangan mudah untuk meluapkan emosi. Jika terjadi permasalahan dengan istri selesaikan secara baik ? baik tanpa menggunakan amarah. Ketahuilah jika seorang wanita itu hatinya mudah menangis dengan kemarahan suami. Dengan demikian jangan mudah untuk meluapkan emosi. Begitu juga dengan seorang istri jangan mudah meluapkan kemarahan kepada suami.

  1. Pengertian.

Memberikan pengertian kepada suami maupun tentang beberapa hal yang harus dilakukan dalam berkeluarga. Selain pengertian antara suami istri juga harus memberikan suatu kebebasan. Kebebasan ini menyangkutdimana seorang istri maupun suami tidak terlalu dikekang dalam melakukan berbagai hal khususnya dalam bekerja, bergaul serta bersilahturahmi. Adanya kebebasan dan pengertian inilah akan membuat keluarga sejahtera sakinah mawaddah warahmah.

Menemukan seorang jodoh sebagai pasangan hidup yang mampu membuat kita bahagia menjadi impian setiap insan. Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita membangun suatu keluarga yang sakinah dengan melakukan hal positif didalam ikatan keluarga. Faktor utama dalam membangun rumah tangga adalah rasa cinta yang dimiliki oleh satu sama lain sama artinya tidak ada paksaan dalam menikah. Dengan menerapkan beberapa tips keluarga sakinahdiatas bukan tidak mungkin jika suatu pasangan bisa bahagia dunia akhirat.

Tinggalkan Balasan